Selasa, 21 Juni 2011

Cara KERJA MESIN 2 TAX

Mesin 2tax (2 langkah) pada tahun 70 an sangat populer , hampir semua kendaraan yang ada pada waktu itu menggunakan mesin 2 tax , bisa dibilang pada waktu itu mesin 2 tax menjadi raja di Indonesia . Namun seiring perkembangan zaman mesin 2tax mulai tersingkir digantikan oleh mesin 4 tax, lebih-lebih negara negara maju mensyaratkan standard euro2 untuk semua jenis kendaraan yang sulit dipenuhi untuk mesin 2 tax. namun bukan berarti mesin 2 tax telah tamat karena bagaimanapun mesin 2tax memiliki beberapa keunggulan dibanding 4 tax .
Disini penulis tidak akan menyampaikan tentang keunggulan keduanya tapi hanya akan menyampaikan sedikit tentang kerja mesin 2 tax, yaitu sebagai berikut.

Secara structure Mesin 2tax beda dengan mesin 4 tax. Mesin 4tax dilengkapi klep hisap maupun klep buang untuk menjalankan fungsinya sedangkan mesin 2tax tidak. Pada bohring mesin 2tax terdapat 2 lubang yaitu lubang pembuangan dan lubang hisap yang jaraknya dari TMA hampir bersamaan tetapi pada umumnya lebih dulu lubang pembuangan .Mesin 2tax untuk menghisap bahan bakar dan membuang sisa pembakaran dijalankan oleh gerakan piston itu sendiri, untuk selengkapnya berikut ini prosesnya :

Dimulai dari TMA (Titik Mati Atas)
1. Piston Turun dari TMA ke TMB ----> turunnya Piston melewati lubang buang ---> membuang sisa pembakaran ---> melewati lubang hisap bahan bakar masuk ke ruang bakar ---> Turunnya Piston mengakibatkan dorongan Gas bahan bakar di ruang engkol masuk ke ruang bakar sekaligus menurunkan tekanan di ruang bawah piston (crangcase) hingga piston mencapai TMB ------> Langkah kedua dari TMB ke TMA
2. Piston bergerak naik mengakibatkan bahan bakar atau gas dari karburator masuk keruang engkol (bawah piston atau Crangcase) melewati lubang hisap (lubang hisap tertutup) ---> melewati lubang buang (lubang buang tertutup) ---> langsung menuju TMA ---> sekaligus pemampatan gas yang telah masuk diruang bakar . ---> Pada saat piston hampir mencapai TMA busi memercikan api dan terjadilah ledakan yang menimbulkan tenaga . ----> Piston turun melewati Lubang buang sehingga lubang buang terbuka dan gas sisa pembakaran terdorong keluar . ----> Beberapa saat kemudian piston melewati lubang hisap dan masuklah bahan bakar atau gas ke ruang bakar ----> Begitu seterusnya untuk mencapai satu siclus putaran poros engkol memerlukan dua langkah kerja sehingga dinamakan mesin dua langkah atau dua tax.
Demikian sedikit tentang cara kerja mesin 2 langkah ini semoga ringkasan ini bisa membawa manfaat yang banyak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar